Rabu, 04 Agustus 2010

PI.. PI.. Cepatlah Selesai..

Waktu pembagian dosen pembimbing, dosen-dosen itu bilang kalo bikin PI itu gampang.. Ok, gw akuin bikin PI ga sesulit yg gw bayangin, tapi prosesnya itu lho yg bikin cape..
Berbulan-bulan gw nyusun PI.. Mulai dari bulak-balik perpus buat liat-liat PI yg udah jadi, pilih satu judul, netapin perusahaan, janjian ma dosen yang butuh kesabaran ekstra, ngetik, ngitung, mikir, nyari-nyari buku, belajar software, mahamin isinya sampai akhirnya dapet surat izin sidang..
Waktu dapet tanggal sidang rasanya seneng sekaligus deg-degan.. seneng karena gw pikir PI gw akan segera selesai dang gw bisa liburan, deg-degan karena takut ngadepin sidang yg katanya nyeremin itu..
Mulai deh gw siapin segalanya buat sidang, periksa lg semuanya, bikin softcopy 3 biji yg akhirnya cm kepake 2 karena pengujinya cm 2, bikin slide, pahamin isi PI sampe akhirnya sidang. Hari itu, tanggal 26 juli 2010, pas bangun tidur deg-degan banget walau sehari sebelumnya udah minta doain ke berbagai pihak. Pas ketemu temen-temen bukannya tenang malah makin deg-degan karena mereka juga deg-degan.. Tapi Alhamdulillah sidangnya lancar, gw cuma ditanya hasil software ma itungan manual sama atau ngga,udah gitu disebutin deh revisinya apa aja. Makasih ya pa Irfan dan bu Rini yg baik ga nanya macem-macem.. waktu itu rasanya legaaaaa bgt.. apalagi revisinya juga lancar.. sekali revisi, ga nyampe 5 menit, langsung dapet tanda tangan..
Nahh seudah revisi baru kerasa lagi bebannya.. Repotnya minta tanda tangan!
Gw ga ngerti deh ma kampus gw, smua2 harus di urus di depok, trus buat apa ada kampus di kalimalang? .. hum kalimalang depok itu kira-kira 1 jam lebih kalo pake motor, kalo pake mobil kira-kira satu jam juga, kalo pake kendaraan umum ga tau deh berapa jam, lama pastinya.. Kalo tau bakal serepot ini bulak balik depok mending dari awal gw kuliah di depok. Reppooottt….
Kamis berangkat ke depok buat minta cap kelulusan.. nyampe jam setengah satu, istirahat dong loketnya, kita nunggu tuh sambil istirahat.. mau makan takut loketnya keburu buka.. dan tau kah apa yg terjadi? Jam 1 teng gw udah bediri di depan loket, karena loketnya buka jam 1, 30 menit gw bediri di situ loketnya ga buka-buka, sampai sekitar jam 2an akhirnya gw putusin masuk aja ke dalem, eh taunya orangnya ada, seudah ribet liat kita masuk rame-rame dia baru mau buka loket. Pliss deh, bukannya itu namanya korupsi waktu ya? Ya Allah semoga dia di ampuni.. begitu juga saya yang menggerutu karena kesal.. Tadinya mau sekalian minta tanda tangan aja, eh info yg gw dengar yang mau gw mintain tanda tangan ga mau tanda tangan kalo tu PI belum di hardcover, trus ketua jurusan adanya rabu ma jumat sedangkan kasubag PI adanya selasa ma kamis. What? Kenapa mereka ga nyamain jadwal aja siy? Lupa apa kalo kampus gw itu tersebar di kalimalang dan salemba jg? Berapa mahasiswa cb yg harus bolak balik? Trus katanya mereka jg ga mau tanda tangan kalo di PI yg udah di hardcover itu belum ada tanda tangan pembimbing.. helllooowww… pembimbing gw jg kan sulit ditemuin.. depok lagiiiiii…. Berasa kuliah di depok deh tiap hari kesana.. caapppeeee…. Mending udah jauh-jauh kesana orangnya ada, nah kalo ga ada? Lagi2 yg gw keluhkan kenapa smuanya harus di urus disana? Gw ini mahasiswa kalimalang.. depok itu jauh bagi gw.. huffftt..
Oke, perjuangan gw tinggal dikit lagi (humm masih banyak siy sebenernya dengan smua keribetan yg ada!hehe..). Bolak-balik depok bakal gw jalanin.. smoga segala urusan PI ini cepet selesai dan gw bisa bernafas lega.. udah sangat lelahhh.. pikiran, tenaga, kalo uang jangan di tanya, udah mengalir dengan deras..
Ga tau karena gw belum pernah skripsi atau gimana, tapi menurut gw PI itu lebih berat karena kita harus ngerjain PI bersamaan dengan kewajiban menyelesaikan mata kuliah yang lain,8 mata kuliah.. Jadi konsentrasinya kepecah.. trus kuliah di semester 6 juga jadi ga maksimal karena ngejadiin PI sebagai prioritas utama..
Hahhh apapun yg harus dijalanin yaa jalanin aja, ikutin aturan yg ada.. bukan cm gw qo yg jalanin proses itu.. orang-orang sanggup masa gw ngga? Ikhlasin smua yg dikerjain.. smoga hasilnya memuaskan..

0 komentar:

Posting Komentar