Sabtu, 18 Desember 2010

BAB II : Bisnis dan Etika

Bisnis adalah suatu persaingan, sehingga pelaku bisnis harus berusaha dengan segala cara dan upaya untuk bisa menang. Etika justru bertentangan dengan bisnis dan akan membuat pelaku bisnis kalah dalam persaingan bisnis yang ketat. Tetapi beberapa perusahaan ternyata bisa berhasil  karena memegang teguh kode etis dan komitmen moral tertentu. Berbagai aksi protes yang mengecam berbagai pelanggaran dalam kegiatan bisnis menunjukkan bahwa bisnis harus dijalankan secara baik dan tetap mengindahkan norma-norma moral.
Dalam bisnis modern para pelaku bisnis dituntut untuk menjadi orang-orang profesional di bidangnya, dalam persaingan yang sangat ketat maka konsumen adalah raja, dalam sistem pasar terbuka dengan peran pemerintah yang menjamin kepentingan dan hak bagi semua pihak maka perusahaan harus menjalankan bisnisnya dengan baik dan etis,dan perusahaan modern sangat menyadari bahwa karyawan bukanlah tenaga yang harus dieksploitasi demi mendapat keuntunga. Hal-hal tersebut merupakan keutamaan dari etika bisnis. Sedangkan prinsip-prinsip etika bisni adalah prinsip otonomi, prinsip kejujuran, keadilan, prinsip saling menguntungkan, dan prinsip integritas moral.
Bisnis harus dijalankan sedemikian rupa agar hak dan kepentingan semua pihak terkait yang berkepentingan (stakeholders) dengan suatu kegiatan bisnis harus bisa dijamin, diperhatikan dan dihargai” (disebut tujuan imperative). Bisnis apapun perlu dijalankan secara baik dan etis demi menjamin kepentingan stakeholder.

0 komentar:

Posting Komentar