Selasa, 14 Desember 2010

BAB I B BISNIS : SEBUAH PROFESI ETIS ?

Bisnis bisa menjadi sebuah profesi etis bila ditunjang oleh sistem ekonomi yang kondusif, aturan yang jelas dan fair, kepastian keberlakuan aturan tersebut, aturan hokum yang mengatur kegiatan bisnis, serta sistem pemerintahan yang adil dan efektif.

Prinsip-prinsip etis untuk berbisnis yang baik :
a.       Etika Terapan
Etika sebagai Refleksi adalah pemikiran moral. Dalam etika sebagai refleksi kita berfikir tentang apa yang dilakukan  dari khususnya tentang apa yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan. Etika sebagai refleksi menyoroti dan menilai baik buruknya perilaku orang. Etika dalam arti ini dapat dijalankan pada taraf populer maupun ilmiah. Etika Khusus : Etika individual, Etika social, Etika lingkungan hidup.

b.      Etika Profesi : Profesi dpt dirumuskan sbg pekerjaan yg dilakukan sbg nafkah hidup dg mengandalkan keahlian dan keterampilan yg tinggi dan dg melibatkan komitmen pribadi (moral) yg mendalam. Aturan main dlm menjalankan atau mengemban profesi biasanya disebut Kode Etik.
Prinsip-prinsip etika profesi :
·         Prinsip tanggung jawab
·         Prinsip keadilan
·         Prinsip otonomi
·         Prinsip integritas moral

c.       Menuju Bisnis Sebagai Profesi Luhur
Sesungguhnya bisnis bukanlah merupakan profesi. Bukan tidak mungkin bahwa bisnis pun dapat menjadi sebuah profesi dalam pengertian sebenar-benarnya bahkan menjadi sebuah profesi luhur.
·         Pandangan Praktis-Realistis
Pandangan ini bertumpu pada kenyataan yg diamati berlaku dlm dunia bisnis dewasa ini. Bisnis adalah suatu kegiatan Profit Making, dasar pemikirannya adalah bahwa orang yg terjun ke dlm bisnis tdk punya keinginan  dan tujuan lain selain ingin mencari keuntungan. Pandangan ini sesuai dengan asumsi Adam Smith.
·         Pandangan Ideal
Disebut pandangan ideal, karena dlm kenyataannya masih mrpk suatu hal yg ideal mengenai dunia bisnis. Menurut pandangan ini, bisnis tidak lain adalah suatu kegiatan diantara manusia yg menyangkut memproduksi, menjual, dan membeli barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar