Rabu, 10 November 2010

Sukses Skripsi


Skripsi bukan hal yang menakutkan. Agar skripsi lancer, ikuti beberapa tips berikut ini.
1.      Persiapkan sebaik-baiknya
Setidaknya satu semester sebelumnya kamu harus sudah mulai mencari topic skripsimu. Tanya senior atau dosen, cari jurnal-jurnal terbaru, pilih judul, dan mulailah membuat proposal.
2.      Mulai dengan persiapan yang sudah matang
Setelah melakukan persiapan sebaik-baiknya, maka untuk memulai skripsi tidak akan terlalu sulit. Berusaha seakrab mungkin dengan dosen pembimbingmu, karena itu akan sangat membantu. Menurut saya yang penting dari sebuah skripsi adalah bab pendahuluan dan bab pembahasan, maka buatlah sesempurna mungkin. Lalu cari lah teman-teman seperjuangan yang bisa meningkatkan semangatmu. Dan yang terakhir adalah teliti saat skripsimu telah tersusun, minta orang lain untuk baca ulang skripsimu agar tidak ada kesalahan ketik, juga pastikan tidak ada kesalahan dalam menulis referensi atau nama orang.
3.      Selesaikan dengan sempurna
Setelah susah payah membuat skripsi dan sudah mendapat persetujuan dari dosen pembimbingmu, maka hal yang paling menakutkan pun harus dihadapi, yaitu siding. Jangan cemas, bila kamu mengerjakan skripsimu sendiri kamu pasti paham setiap detail isi dari skripsimu. Kunci utama meghadapi siding adalah tenang! Pelajari lagi skripsimu, bukan hanya isinya saja, tetapi segala hal yang bersangkutan dengan skripsimu.  Buatlah presentasi sesederhana mungkin, tunjukan kamu menguasai materi skripsimu. Tanya senior dan dosen pembimbingmu tentang pertanyaan yang mungkin ditanyakan saat siding nanti. Setelah siding selesai, jangan berpesta pora dulu, segera lakukan revisi dan selesaikan semua urusan yang berhubungan dengan skripsimu. Dan yang terakhir serta yang paling penting adalah berdoa.

0 komentar:

Posting Komentar