Rabu, 10 November 2010

BELAJAR EFEKTIF


Menurut saya tidak ada orang bodoh, yang ada hanya orang malas atau mungkin orang yang tidak tahu bagaimana cara belajar yang benar. Buat belajar menjadi hal menyenangkan agar belajar menjadi efektif dan dapat membuat kita lebih pintar. Berikut beberapa tips agar belajar menjadi efektif.
1.      Konsentrasi di kelas
Ini adalah hal yang paling penting, karena dengan berkonsentrasi di kelas saat kita ingin mengulang materi yang telah kita pelajari setidaknya ada sesuatu yang kamu ingat. Jangan gampang terpancing untuk ngobrol dengan teman, atau melamun sendirian. Bila ada hal yang tidak kamu mengerti segera tanyakan pada teman atau dosen.
2.      Mengulang materi
Mengulang materi juga sangat penting, jangan pakai sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) karena tidak pernah mengulang materi yang sudah di dapat, karena tidak baik untuk otak dan badan, selain itu kamu juga akan cepat lupa dengan materi yang kamu hapalkan secara instan tersebut.
3.      Buat daftar belajar
Supaya belajar menjadi lebih teratur, buat lah daftar belajar yang ingin kamu capai. Misalnya Minggu ini kamu harus bisa menghapal seluruh rumus yang ada di bab 1, minggu berikutnya menghapal semua rumus di bab 2, dan seterusnya. Jangan lupa untuk membaca dan menghapal ulang semuanya saat semua daftar belajar telah kamu capai.
4.      Buat kelompok belajar
Kadang belajar sendiri adalah hal yang membosankan. Buatlah sebuah kelompok belajar, ajak teman-teman dekatmu, dan buat semenyenangkan mungkin.
5.      Nyaman
Buat dirimu senyaman mungkin agar bisa berkonsentrasi sebaik mungkin.
6.      Cukup tidur
Waktu belajar terbaik adalah saat kondisi badan segar. Jangan memaksakan belajar sampai larut  malam, karena menahan ngantuk akan membuyarkan konsentrasi, serta memperlambat menghapal.
7.      Niat belajar
Ini adalah poin yang paling penting, karena senyaman dan sesegar apapun kondisi kamu bila kamu tidak niat belajar tidak aka nada materi yang masuk ke kepalamu. Untuk mendongkrak niat belajarmu, cobalah mencari motivasi belajar. Misalnya minta hadiah bila nilai kamu naik.

0 komentar:

Posting Komentar